fbpx

Kamu tahu gak sih, tubuh yang sehat dan punya imun yang kuat lebih sulit untuk terpapar penyakit lho!

Tubuh kita mempunyai sistem imun yang dirancang untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sistem imun terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk melindungi kamu dari infeksi zat asing dalam tubuh.

Di tengah pandemi ini, kita harus meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh agar tetap kuat untuk melawan virus Corona/ COVID-19. Bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh? Simak tips dari Yoforia berikut ini:

Berolahraga secara rutin

Rutin berolahraga dapat merangsang kinerja dan sirkulasi antibodi dan sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih merupakan bagian dari sistem imun tubuh yang dapat melawan penyakit. Selain itu, dengan berolahraga kamu dapat menekan hormon yang menyebabkan stress.

Mulai buat jadwal untuk berolahraga minimal 10 menit sampai dengan waktu ideal 30 menit. Tapi jangan sampai berlebihan ya, karena kamu akan menjadi lelah dan malah bisa menurunkan imunitas tubuh.

Tidur Yang Cukup

Saat kamu tidur, sistem kekebalan tubuh mengeluarkan protein yang bernama cytokines/ sitokin. Protein sitokin diperlukan saat kamu mengalami infeksi atau inflamasi untuk menciptakan respon imun. Kurangnya jam tidur dapat menyebabkan berkurangnya produksi protein sitokin, sehingga sistem imunitas kamu pun akan menurun. Disarankan untuk tidur yang cukup selama 7-9 jam setiap malam.

Meminimalisir Stress

Stress dapat memicu peingkatan hormone kortisol di dalam tubuh. Hormon kortisol dapat menjadi immunosuppressant, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga kamu lebih rentan terkena penyakit. Stress juga dapat menyebabkan pola hidup yang tidak sehat untuk melepaskan stress, seperti merokok dan minum alkohol. Keduanya mengandung zat berbahaya yang dapat menurunkan sistem imun.

Makanan dan Minuman Yang Bergizi

Studi menyatakan bahwa buah dan sayur yang mengandung beta-carotene, vitamin C, and vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayur juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Selain buah dan sayur, kamu dapat mengonsumsi produk fermentasi yang mengandung probiotik. Yoforia kaya akan kandungan probiotik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan kamu, sehingga nutrisi akan lebih mudah diserap oleh usus dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Nah itu dia empat tips dari Yoforia untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh kamu. Selalu jaga kesehatan, rajin cuci tangan, dan terapkan physical distancing ya.

Jangan lupa minum Yoforia setiap hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu!

Referensi:

American Psychological Association. Stress Weakens the Immune System. https://www.apa.org/research/action/immune. Diakses April 2020.
Exercise and Immunity: Medlineplus Medical Encyclopedia https://medlineplus.gov/ency/article/007165.htm. Diakses April 2020.
Mayo Clinic. Lack of sleep: Can it make you sick?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/expert-answers/lack-of-sleep/faq-20057757. Diakses April 2020.
Lana Burgess. 2018. 15 Foods To Boost the Immune System. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412#other-ways-to-boost-the-immune-system . Diakses April 2020

%d bloggers like this: